Daftar Isi [Tampil]


Tanihoki.com: Umat ​​manusia merasakan murka alam. Tampaknya semakin banyak bencana alam yang terjadi; dan ini telah menyebabkan kesadaran tentang sumber daya bumi. 

Dan hutan adalah ekosistem yang paling terpengaruh di planet ini. Hal ini mungkin karena kebutuhan pokok membutuhkan pohon sebagai bahan baku.

Yang lebih mengerikan lagi adalah keinginan manusia akan lahan yang lebih luas, sehingga mereka menebang lebih banyak pohon untuk mengubah wilayah tersebut menjadi komunitas atau subdivisi perumahan; dan lahan pertanian atau lebih buruk lagi, tempat pembuangan sampah – ini mungkin bisa menjadi jawaban atas apa itu deforestasi.

Menurut definisi

Menurut definisi, deforestasi berarti penebangan atau pemindahan pohon dari hutan atau hutan untuk mengubah lahan menjadi alasan komersial atau penebangan atau untuk tujuan apa pun yang mungkin bermanfaat bagi mereka. 

Secara umum, ini juga berarti deforestasi seperti ekstraksi pohon tanpa reboisasi yang cukup atau upaya untuk menanam kembali pohon di tempat lain untuk menggantikan yang telah ditebang.

Sejak dahulu kala, manusia telah membuat lingkungan beradaptasi dengan kebutuhan peradaban yang berkembang. 

Pertama menebang pohon untuk digunakan sebagai kayu bakar, selanjutnya untuk tempat berteduh, dan kemudian untuk kertas dan produk lainnya. 

Ribuan hutan telah ditebangi di seluruh dunia untuk membuka jalan bagi inovasi manusia dan kebutuhan tata ruang. Tampaknya hutan hadir untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia.

Meningkatkan Kesadaran

Sudah menjadi sifat manusia untuk bergerak ke dalam tindakan ketika rasa kesejahteraan kita menjadi terancam. Ini meragukan alasan mengapa kebanyakan orang menjadi prihatin atas deforestasi.

Cara termudah untuk membuat orang peduli adalah dengan menekankan manfaat hutan dan hutan, dan menunjukkan bagaimana penipisannya akan secara radikal mengubah hidup kita menjadi yang terburuk. 

Pertama, deforestasi berkisar pada sejumlah masalah tetapi tidak ada yang sama pentingnya dengan dua subjek utama yang harus kita waspadai: perhatian utama adalah pemanasan global atau efek rumah kaca, masalah sekunder adalah pertanyaan apakah pohon digunakan dengan baik dan jika upaya reboisasi sedang dilakukan.

Pohon menyerap karbon dioksida, membantu mengurangi jumlah karbon yang dilepaskan ke atmosfer kita. Deforestasi membunuh pohon-pohon yang membantu mencegah efek rumah kaca. Efek rumah kaca menyebabkan kenaikan suhu di seluruh bumi, sehingga menyebabkan pola cuaca yang aneh. Itu sebabnya frekuensi kekeringan, banjir, gelombang pasang, dan bencana alam lainnya meningkat.

Kekhawatiran kedua adalah bahwa pohon-pohon yang ditebang untuk membuka jalan bagi kota metropolitan hanya ditebang dan dibakar. 

Selain emisi karbon dioksida yang berlebihan yang disebabkan oleh pembakaran kayu, ada kekhawatiran bahwa pohon-pohon akan dimanfaatkan dengan lebih baik untuk menyediakan tempat berlindung bagi para tunawisma, bahan bangunan atau usaha bermanfaat lainnya. Efek selanjutnya benar-benar menghancurkan. 

Siapa yang tahu bahwa penggundulan hutan dapat menyebabkan begitu banyak masalah?

Ya, siapa yang tahu? Jika saja orang meluangkan waktu untuk menginformasikan diri mereka sendiri maka mereka akan mampu membuat keputusan yang tepat dan berjuang untuk apa yang benar.



Apa yang Dapat Anda Lakukan Untuk Membantu?

Karena Anda sekarang mengetahui apa itu deforestasi, akan sangat membantu jika Anda memimpin langkah-langkah awal untuk berubah. Apakah Anda berpikir apa yang dapat dilakukan oleh orang biasa untuk membantu? 

Nah, langkah-langkah kecil membuat perbedaan besar terutama ketika semua orang bekerja pada tujuan yang sama. Berbekal pengetahuan tentang bencana yang dapat ditimbulkan oleh deforestasi pasti akan membuat seseorang mengatur tindakannya.

Mulailah dengan menghemat bahan-bahan rumah tangga yang paling dasar seperti handuk kertas, serbet, dan kertas tisu. 

Mendaur ulang dan mengetahui cara mendaur ulang material akan sangat membantu menemukan solusi emisi rumah kaca. 

Selanjutnya adalah proaktif dan membantu mendidik orang lain dengan bergabung dalam kelompok kampanye yang memerangi deforestasi.

Umumnya Anda tidak harus menjadi seperti orang gila yang berteriak di jalanan dan bergabung dalam aksi unjuk rasa, mulailah dengan mengubah sikap dan pandangan Anda dan kemudian Anda akan melihat bahwa hal-hal kecil memang membuat perbedaan.

Post a Comment