Daftar Isi [Tampil]


 TaniHoki.com: Ikan bandeng sangat populer di Asia Tenggara. Ikan yang merupakan satu-satunya spesies yang masih ada dalam suku Chanidae ini bahkan kerap dihidangkan pada momen khusus masyarakat Tionghoa.

Diketahui, masyarakat Tionghoa itu percaya bahwa ikan adalah sumber keberuntungan dan rezeki.  Dalam Bahasa Mandarin, ikan disebut dengan yu atau yoo yang terdengar seperti arti kata surplus atau berlimpah.

Nah, bandeng ini jadi 1 dari sekitar 3 jenis ikan yang ‘memenuhi syarat’ dihidangkan saat perayaan Imlek.

Menurut China Higlights, terdapat ikan yang bisa dipilih saat perayaan Imlek yakni ikan yang didasarkan pada homofonik yang menguntungkan. Salah satunya ikan mud carp atau ikan bandeng. Ikan lainnya adalah lele dan ikan mas.

Di luar itu, bandeng juga terkenal di banyak daerah di Indonesia dan menghasilkan olahan yang khas. Contohnya, Bandeng Presto yang khas dari Semarang dan Pati, dimasak dengan bumbu sederhana yaitu garam, bawang putih, dan kunyit.

Ada juga Bandeng Asap dari Sidoarjo, atau Bandeng Bakar Lumpur di Brebes dan Rembang. Bandeng lumpur ini pengolhannya memakai lumpur yang berasal dari tambak air payau untuk mendapatkan rasa gurih dan lezat.



Secara ilmu gizi, bandeng ternyata juga banyak mengandung nutrisi yang baik bagi manusia. Setidaknya terdapat 20 gram protein dalam 100 gram ikan bandeng. Selain protein, ikan bandeng mengandung lemak, fosfor, kalium, kalsium, natrium, dan zat besi.

Tak heran, ikan dengan nama latin chanos chanos ini pun kaya manfaat jika dikonsumsi. Berikut sejumlah manfaat ikan bandeng untuk kesehatan yang diambil dari berbagai sumber, namun patut diingat bahwa kesehatan kalian dipengaruhi banyak faktor.

 

1. Mencegah Peradangan pada Tubuh

Kandungan antioksidan pada bandeng bisa membantu tubuh melawan efek radikal bebas.

Seperti diketahui, setiap hari kita terpapar dengan radikal bebas, seperti asap rokok atau polusi udara. Molekul ini nantinya dapat menyebabkan stres oksidatif yang berujung dengan rusak atau meradangnya sel tubuh.

Dalam jangka panjang, peradangan bisa menyebabkan penyakit jantung dan kanker.

Ini karena pembuluh darah di sekitar jantung turut mengalami peradangan, sehingga memungkinkan penyumbatan aliran darah. Sementara pada penyakit kanker, kerusakan sel bisa memicu sel menjadi abnormal sehingga tumbuh dan berkembang tanpa kendali.

Nah, kunci untuk mencegah peradangan adalah meningkatkan konsumsi makanan kaya antioksidan.

 

2. Memebantu Menyehatkan Kulit

Diketahui, ikan bandeng kaya kandungan kolagen peptida. Kolagen sendiri adalah protein pembangun kulit, tulang, tendon, serta tulang rawan.

Menurut studi pada Journal of Food Science and Technology, kandungan kolagen pada ikan bandeng dapat meningkatkan hidrasi dan memperbaiki kondisi kulit wajah.

Kandungan antioksidan pada ikan bandeng juga mencegah stres oksidatif pada sel kulit sehingga dapat mencegah penuaan dini.

 

3. Membantu Meningkatkan Kesehatan Mata

Vitamin A termasuk kelompok antiokasidan yang ada pada ikan bandeng. Khasiat dari vitamin pada ikan bandeng ini adalah menjaga fungsi selaput konjungtiva dan kornea. Dengan begitu, ketajaman mata dalam melihat dapat terjaga dengan baik.


 

4. Membantu Meningkatkan Kolesterol Baik

Ikan yang hidup air tawar ini mengandung vitamin B3. Vitamin B3 pada ikan bandeng bisa memberikan manfaat berupa perlindungan pada jantung dengan cara meningkatkan kadar kolesterol baik, yakni high-density lipoprotein (HDL).

Peningkatan kolesterol baik membantu menghilangkan lipoprotein densitas rendah (LDL), kolesterol jahat. Menurunnya kadar kolesterol jahat dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

 

5. Menjaga Tekanan Darah Stabil

Tekanan darah tinggi (hipertensi) bisa terjadi akibat keseringan makan makanan asin.

Makanan tinggi garam dapat membuat tekanan darah naik dan dalam jangka panjang akan memperberat kinerja jantung dalam memompa darah.

Cara untuk menurunkan risiko hipertensi adalah dengan mengurangi konsumsi makanan tinggi garam. Perlu juga memenuhi asupan kalium dengan baik. Kalium berfungsi untuk menstabilkan kadar natrium dalam tubuh.

Ikan bandeng mengandung kalium yang bagi kesehatan kalian.

Post a Comment