Daftar Isi [Tampil]

 

TaniHoki.com: Kopi sudah jadi bagian penting dalam menu yang dikonsumsi manusia dewasa ini. Minuman yang dihasilkan dari biji tanaman asal Afrika ini sudah sangat populer.

Tak heran, di mana-mana di dunia ini banyak restoran atau kafe yang menyediakan menu kopi.

Kafe sendiri berasal dari bahasa Prancis: café, yang secara harfiah adalah tempat (minuman) kopi.

Di awasan Melayu dikenal juga sebutan Kopitiam. Kopitiam berasal dari Bahasa Melayu kopi dan tiam dari Bahasa Hokkian yang artinya toko.

Nah, menikmati kopi di kafe adalah sebuah kenikmatan tersendiri. Apalagi jika kafenya memiliki keunikan tersendiri nih.

Dikutip dari Travelandleisure.com, ada beberapa kafe terkemuka di dunia yang tidak boleh dilewatkan buat pecinta kopi jika sedang berkunjung ke negara-negara tersebut.

1. Tim Wendelboe di Oslo, Norwegia



Masuk ke kedai kopi ini aroma kopi yang khas langsung tercium. Wendelboe mempunyai perusahaan pemasok kopi hijau, bahkan mengembangkan kebun kopinya sendiri di Huila, Kolombia.

2. Sant’Eustachio II Caffe di Roma, Italia



Semua sihir pembuatan kopi di sini berada di belakang layar dan tidak ada yang tahu bagaimana cara membuatnya. Pecinta kopi hanya bisa tersihir oleh aroma serta citara rasa kopi yang disajikan. Kafe kecil ini berada di dekat Parthenon.

3. 49 Paralell di Vancouver, Kanada



Penggemar 49 Paralell tahu kedai kopi ini telah diam-diam mengeluarkan beberapa kopi terbaik di dunia dari roastery mereka di Vancouver. Donatnya yang diisi dengan lemon curd, mangga atau potongan stroberi juga telah menjadi salah satu kudapan favorit pengunjung.

4. Viva Espresso di El Salvador

Uploading: 311360 of 311360 bytes uploaded.



El Salvador memproduksi beberapa biji kopi terbaik di dunia, namun Alejandro Mendez dari Viva Espresso adalah barista pertama dari negara tersebut yang memenangkan Kejuaraan Dunia Barista pada tahun 2011. Viva Espresso saat ini memiliki beberapa cabang di sekitar San Salvador, yang semuanya melayani kopi lokal.

5. The Coffee Academics di Hong Kong



The Coffee Academics diperuntukkan bagi penikmat kopi dalam dasi kupu-kupu. Dinding bata ekspos dan lampu berkilauan di atas meja komunal marmer membuat suasana meminum kopi menjadi lebih mewah.

6. Truth Coffee di Cape Town, Afrika Selatan



Nuansa sepeda antik, aksen timah, dan lain-lain membuat Truth Coffee memberi nuansa yang berbeda. Ada Sunrise Espresso di sini, yaitu dua kali lipatnya espresso yang disajikan dengan siraman jus jeruk.

7. Cafe Ekberg di Helsinki, Finlandia



Orang Finlandia adalah penggemar kopi yang taat, meski banyak toko baru yang sedang trend, tetapi Café Ekberg tetap menjadi andalan. Kedai ini beroperasi sejak 1852 dengan kafe dan toko rotinya yang langsung dioperasikan oleh keluarga Ekberg. Kopi hitam di sini biasa disajikan dengan kue bolu.

8. The Cafe at The Grounds di Sydney, Australia



Tempat yang luas ini menawarkan restoran dengan layanan lengkap bahkan ada penjual bunga, pasar, kebun buah dan sayuran yang melimpah di sini. Affogato di sini enak, espresso yang dimaniskan dengan es krim tiramisu, permen popping dan cokelat susu akan memanjakan lidah siapa saja yang berkunjung.

Nah, kalau di Indonesia apa dong? Yuk kasih rekomendasi kafe yang wajib dikunjungi di Nusantara... 

Post a Comment