Daftar Isi [Tampil]

 
 

TaniHoki.com: Cara Efektif Membasmi Kutu Putih pada Daun Tanaman. Sobat TaniHoki punya tanaman di pekarangan yang tiba-tiba daunnya banyak dikerubungi binatang kecil berwarna putih? Mungkin itu tandanya tanaman kalian sedang diserang kutu putih.

Ternyata, kutu putih ini adalah salah satu hama yang benar-benar perlu diwaspadai jika kalian hobi merawat tanaman. Atau untuk petani.

Hama ini dikenal dengan sebutan whitefly, dan adalah hama tumbuhan yang sangat memberikan dampak buruk lantaran mereka menghisap sari makanan pada tanaman. Mengerikan, bukan? Buat petani ini bisa menurunkan produktivitas tanaman dan jelas merugikan secara ekonomi.

Apalagi kalau Sobat Tanihoki punya koleksi tanaman hias daun yang mahal. Wow, pasti sangat menjengkelkan ya. Selain nutrisi tanaman disedot, warna putihnya sangat menganggu keindahan daun tanaman dan menimbulkan lengket yang tidak nyaman.

Ada sejumlah cara untuk membasmi kutu putih yang menjengkelkan ini. Sobat Tanihoki bisa pilih cara paling terjangkau atau memungkinkan untuk dilakukan.

 

1. Membasmi Sarang Semut

Kenapa kok semut? Salah satu tanda daun tanaman terserang kutu putih adalah adanya zat lengket yang dapat membuat semut datang ke tanaman tersebut. Nah, apabila semut sudah datang, maka mereka bisa mencegah predator alami yang sebenarnya akan menolong mengurangi atau bahkan membasmi kutu utih tersebut.

Di sisi lain, semut juga menularkan kutu putih ke tanaman lain. Alhasil, penyebaran hama ini justru bakal kian sulit untuk dikendalikan. Karenanya, basmilah sarang semut yang berkeluaran di area tanaman.

 


2. Mencuci Tanaman

Saat Sobat Tanihoki melihat residu putih yang mencurigakan pada daun dan batang tanaman, segera cuci. Untuk mencuci daun tanaman yang terkena hama kutu putih di fase awal ini bisa memakai campuran alkohol, air, dan sedikit sabun cuci piring (tanpa pemutih).

Setelah membuat larutan, oles pada bagian tanaman yang terkena residu. Diamkan dahulu beberapa saat, kemudian ulangi langkah tersebut.

Pencucian tanaman terutama dilakukan di tahap awal hama ditemukan agar lebih efektif. Karena jika sudah banyak tentunya akan membuat kita lebh sulit mencucinya.

 

3. Disemprot dengan Sabun

Cara lainnya adalah dengan membuat larutan sabun. Siapkan kira-kira 2 liter air dalam botor sprayer atau semprotan. Tambahkan beberapa tetes sabun cair kemudian campur dengan cara dikocok hingga larut. Jika sudah terlihat berbusa, tandanya sabun danair sudah bercampur sempurna.

Aplikasinya, semprotkan larutan tadi secara merata pada bagian atas daun dan belakang daun, atau pada lokasi hama kutu putih menyerang. Ulangi beberapa kali jika hama membandel dengan jeda waktu setengah atau satu hari.

 


4. Memelihara Pemangsa Alami Kutu Putih

Ini adalah cara alami. Nah, yang bisa Sobat Tanihoki lakukan adalah dengan memelihara pemangsa alami hama kutu putih.

Cara ini mungkin terdengar mudah, tapi mencari predator alami agak sulit khususnya jika kalian tinggal di perkotaan. Namun, setidaknya cara ini bisa kalian coba karena cukup efektif, terutama mencegah penyebaran hama lebih lanjut.

Berikut adalah hewan-hewan predator alami kutu putih:

- Lacewing atau Lalat Jala Hijau

- Minute Pirate Bug (Sejenis Kumbang Bunga)

- Laba-Laba

- Beberapa jenis Kepik

 


5. Menyemprot Minyak Nimba

Baru pertama kali mendengar minyak nimba? Tanang, Sobat Tanihoki bukan satu-satunya.

Sebagai informasi, minyak nimba adalah minyak esensial alami yang biasa digunakan untuk menghilangkan serta mencegah adanya hama pada tanaman, seperti kutu putih.

Di sisi lain, minyak jenis ini ternyata bisa berdampak jangka panjang lantaran menimbulkan aroma yang tidak disukai hama.

Caranya adalah dengan mencampur 1 sendok minyak nimba dengan 1 sendok makan sabun cuci piring.

Kemudian ditambahkan air sekitar 1 liter. Langsung masukkan dalam sprayer agar ebih mudah. Kocok, dan gunakan untuk menyemprot pada daun yang diserang hama.

Aplikasikan secara rutin selama bebeapa hari hingga kutu putih itu benar-benar sudah hilang. Bersihkan juga kutu yang mati.

 


6. Cabut Daun Tanaman yang Terkena Hama

Cara ini cocok dterapkan di fase awal ketika serangan baru mencapai satu-dua daun. Mencabut daun yang terserang kutu putih akan mencegah penularan ke daung yang lain.

Sobat Tanihoki bisa cek pada bagian bawah daun. Biasanya kutu ada di sana, mereka menempelkan telurnya.

Jauhkan tanaman yang terserang hama kutu putih dari tanaman yang masih sehat dan belum diserang.


7. Insektisida Alami Kutu Putih

Boleh jadi ini cara yang termudah. Kenapa? Karena cara membuat insektisida alami bisa memakai bahan-bahan yang tersedia di dapur.

Bagaimana caranya membasmi kutu putuh dengan insektisida alami? Blender 1 buah bawang putih, 1 buah bawang bombay, dan 1 sendok cabe rawit dengan tekstur menyerupai pasta.

Selanjutnya, campur dan aduk pasta tersebut ke dalam 1 liter air. Jangan langsung dipakai, tapi diamkan dahulu sekitar 1 jam, dan kemudiang saring dengan kain. Gunakan larutan ini untuk disemprotkan ke hama.

Peyemprotan sebaiknya rutin, bisa dilakukan pagi atau sore setia harinya hingga hama menghilang.

Nah, itu dia sejumlah cara efektif untuk membasmi kutu putih pada tanaman. Sobat Tanihoki bisa langsung mengaplikasikannya pada tanaman.

Post a Comment