Daftar Isi [Tampil]

TaniHoki.com: Berkebun dengan Raised-bed atau membuat bedengan, yakni meningkatkan tinggi tanah dengan menimbun pada area tertentu dengan media tanam yang sesuai.

Pembuatan bedengan ini biasanya terkait dengan drainase air. Tidak semua tanah memiliki sistem drainase yang baik, biasanya pori-pori tanah kurang baik. Hal ini membuat air yang disiramkan tidak terserap dengan segera ke dalam tanah.

Memang beberapa tanaman bisa mengatasi kondisi tanah yang jenuh dengan air, namun mayoritas akan mati karena air yang menggenang tersebut.

Biasanya dalam berkebun di daerah perkotaan atau area tanah pekarangan sering menemukan hal tersebut. Tanah yang terlalu padat kurang baik dalam mengatur drainase atau aliran air.

Anda juga tahu tanaman seperti apa yang akan ditanam dan jenis tanah seperti apa yang cocok buat tanaman tersebut.

Untuk menguji seberapa banyak air yang akan ditahan oleh petak tanah, galilah lubang sedalam sekitar sepuluh inci. Isi dengan air, dan kembalilah pada hari ketika semua air telah hilang.

Isi kembali lagi. Jika lubang kedua penuh air tidak hilang dalam 10 jam, tanah Anda memiliki titik jenuh yang rendah. Ini berarti bahwa ketika air meresap ke dalamnya, ia akan bertahan lama sebelum menghilang.

Kondisi ini tidak bisa digunakan untuk bercocok tanam. Karena itu, Anda harus melakukan sesuatu untuk memperbaikinya jika Anda ingin tanaman bertahan hidup.

Metode biasa untuk memperbaiki drainase di kebun Anda adalah dengan membuat bedengan dan meninggikan tanah.

Ini bisa dilakukan dengan membuat kotak dengan tinggi sisi setidaknya 5 inci, yang di dalamnya dimasukkan media tanam, seperti kompos dan tanah.

Campuran media yang tepat akan membuat sistem dalam tanah bekerja dengan baik, dan bisa menyerap air dengan sempurna.

Bedengan bisa dibuat di atas tanah biasa, atau di atas rumput. Pada situasi tersebut Anda harus membuat strategi yang berbeda.

Jika Anda ingin memulai taman yang ditinggikan di area yang tidak berumput, maka tidak akan ada kesulitan. Buat saja semacam batas untuk menahan kompos yang akan ditambahkan. Paling ideal luasnya adalah 2x4 meter, namun variasi ukuran lain bisa dikreasikan sendiri.

Setelah membuat dinding, masukkan tanah dan kotoran ternak dalam jumlah yang tepat. Ini tergantung pada berapa lama Anda mau menunggu sebelum menanam.

Untuk membuat Raised-bed di atas tanah yang ditumbuhi rumput perlu strategi berbeda. Potong dahulu rumput di sekitarnya, balikkan tanah yang ditanami rumput.

Setelah tanah dibalikkan tambahkan lapisan jerami untuk mencegah rumput tumbuh kembali. Setelah lapisan jerami, cukup tambahkan semua tanah dan pupuk kandang yang dibutuhkan taman biasa.

Setelah semua siap, kalian siap menanam.

Post a Comment