Daftar Isi [Tampil]


Tanihoki.com
– Pisang adalah salah satu buah paling populer di dunia. Buah ini biasa dijadikan camilan yang sehat, lezat, dan mudah digunakan untuk memanggang dan memasak.

Meskipun kita mungkin hanya melihat beberapa jenis pisang di pasar lokal, namun ternyata ada lebih dari 1.000 jenis pisang (Musa) ada di seluruh dunia.

Ini termasuk varietas manis dan gurih, banyak di antaranya memiliki warna, rasa, dan bentuk yang unik.


Manfaat Pisang untuk Kesehatan

Pisang menawarkan banyak manfaat buat kesehatan. Buah kuning yang populer ini merupakan sumber potasium dan magnesium yang baik, yang digunakan tubuh Anda untuk fungsi saraf dan otot, serta untuk menjaga keseimbangan cairan dan pH.

Pati pisang berubah menjadi gula saat matang. Jika Anda memakan pisang sebelum matang sepenuhnya, Anda akan mendapatkan manfaat dari berbagai jenis pati sehat.

Pati pisang yang dapat dicerna dengan cepat dimetabolisme menjadi glukosa, yang dapat digunakan tubuh Anda untuk ledakan energi yang cepat, sementara pati yang dicerna secara perlahan bertindak sebagai bentuk bahan bakar yang lebih tahan lama dan membantu menstabilkan kadar gula darah.

Pati pisang difermentasi di usus besar Anda, di mana ia memberi makan bakteri usus sehat Anda.

Selain itu, antioksidan seperti senyawa fenolik dan karotenoid dalam buah yang lezat ini dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan oksidatif.

Pisang juga kaya akan serotonin, dopamin, dan norepinefrin. Neurotransmitter ini membantu mengatur detak jantung, tekanan darah, dan suasana hati Anda.


Pisang bisa manis atau gurih


Pisang diklasifikasikan sebagai pisang pencuci mulut, yang manis dan dimakan mentah, atau pisang masak/pisang tanduk, yang bertepung dan mirip dengan kentang.

Pisang masak biasanya direbus, digoreng, atau dipanggang dan dimakan bersama hidangan gurih. Pisang ini sering disebut sebagai pisang raja di Amerika Serikat.

Fakta nutrisi

Berikut nutrisi dalam 3,5 ons (100 gram) kedua jenis pisang tersebut saat matang dan mentah:

 

Pisang pencuci mulut

Pisang tanduk

Kalori

89

122

Protein

1 gram

1 gram

Karbohidrat

23 gram

32 gram

Serat

2 gram

3 gram

Lemak

kurang dari 1 gram

kurang dari 1 gram

Vitamin B6

18% dari Nilai Harian (DV)

15% dari DV

Vitamin C

15% dari DV

31% dari DV

Provitamin

A 1% dari DV

23% dari DV

Kalium

10% dari DV

14% dari DV

Magnesium

7% dari DV

9% dari DV

Pisang tanduk lebih tinggi provitamin A dan vitamin C, serta karbohidrat dan kalori. Kedua jenis ini memiliki jumlah yang sama dari sebagian besar nutrisi lainnya.


Pisang Dessert (pisang pencuci mulut)

Semua pisang pencuci mulut rasanya manis tetapi bervariasi dalam bentuk, ukuran, warna, dan rasa. Banyak yang hanya tersedia di negara tertentu, tetapi Anda dapat menemukannya di pasar khusus atau online.


Berikut 9 jenis pisang pencuci mulut yang menarik:

Cavendish. Pisang yang paling banyak diekspor di dunia, Cavendish memiliki kulit yang kokoh yang bisa dibawa dengan baik. Hampir semua pisang yang dijual di Amerika Serikat dan Eropa adalah varietas ini.

Gros Michel. Juga dikenal sebagai Big Mike, ini adalah pisang yang paling banyak diekspor sampai sebagian besar tanamannya musnah oleh jamur pada 1950-an. Rasanya dan ukurannya mirip dengan Cavendish dan masih tersedia di beberapa tempat.

Jari Nyonya (Lady Finger). Pisang kecil dengan panjang rata-rata 4–5 inci (10–12,5 cm), dengan kulit tipis berwarna kuning muda dan daging yang manis dan lembut. Lady Fingers terkadang diberi label "bayi (niño)".

Jawa biru. Juga disebut pisang "es krim" karena konon rasanya seperti es krim vanila, pisang ini memiliki kulit keperakan kebiruan yang berubah menjadi kuning pucat saat matang.

Manzano. Juga disebut "pisang apel", buah pendek dan gemuk ini memiliki sedikit rasa apel dan stroberi. Mereka benar-benar matang dan rasanya paling enak saat kulitnya menjadi hitam. Manzano adalah jenis makanan penutup paling populer di daerah tropis.

Merah. Kulit pisang merah yang tebal mulai berwarna merah atau merah marun tetapi berubah menjadi kuning-oranye saat matang. Dagingnya manis dan diwarnai dengan warna pink atau oranye.

Jari emas. Varietas baru dari Honduras ini memiliki rasa yang manis dan sedikit mirip apel.

Mysore. Buah kecil ini merupakan tanaman pisang terpenting di India. Ini memiliki kulit tipis dan sedikit rasa getir.

Praying Hands/Pisang Telapak. Pisang Praying Hands adalah salah satu Pisang Kepok yang berasal dari negara Amerika yang memiliki ciri fisik buahnya berbentuk seperti kerang. Pisang ini kurang manis dibandingkan jenis lainnya dan memiliki rasa vanila yang halus.


Coking Banana/Pisang Tanduk/pisang Raja

Cooking banana, atau pisang raja, adalah makanan pokok di banyak bagian dunia, termasuk Karibia, Amerika Tengah, dan sebagian Afrika, Amerika Selatan, dan Asia Tenggara.

Buah ini memiliki rasa netral dan biasanya dipanggang, direbus, atau digoreng. Meskipun bisa dimakan mentah saat matang, teksturnya lebih lembut saat dimasak.

Berikut 5 jenis pisang tanduk:

Orinoco. Juga dikenal sebagai "burro", ini adalah buah-buahan tebal dengan bentuk bersudut dan daging berwarna salmon.

Bluggoe. Ini adalah pisang raja besar bertepung dengan bentuk lurus.

Fehi. Buah berwarna tembaga ini terkadang memiliki biji. Pisang ini enak saat direbus atau dipanggang.

Pisang macho. Ini adalah pisang raja yang paling banyak ditanam di Amerika Serikat. Pisang ini sangat umum di Florida.

Cula badak/Rhino Horn. Pisang terbesar, pisang tanduk badak berasal dari Afrika dan dapat tumbuh hingga sepanjang 2 kaki (0,6 meter).


Cara Mematangkan dan Menyimpan Pisang

Pisang pencuci mulut yang ditanam untuk ekspor dipanen ketika kira-kira 75% matang dan masih hijau atau mentah. Pisang ini umumnya diperlakukan dengan gas etilen, zat pematangan alami, sesaat sebelum dikirim ke toko.

Di rumah, yang terbaik adalah menyimpannya di atas meja dan membiarkannya matang pada suhu kamar.

Untuk memperlambat proses pematangan, Anda bisa memasukkan pisang yang hampir matang ke dalam lemari es. Meski kulitnya akan menghitam, buahnya akan tetap segar selama beberapa hari.

Untuk mempercepat proses pematangan, masukkan ke dalam kantong kertas cokelat berisi apel matang.

Anda juga bisa mengupas dan membekukan pisang matang untuk digunakan dalam smoothie, roti pisang, atau es krim nonsusu.


Post a Comment