Daftar Isi [Tampil]

Tanaman kunyit/Canva

Tanihoki.com
– Gout atau asam urat adalah sejenis artritis inflamasi. Itu terjadi ketika tubuh membuat asam urat berlebih, produk limbah normal.

Sekitar dua pertiga dari asam urat dalam darah Anda secara alami dihasilkan oleh tubuh Anda. Sisanya diproduksi saat tubuh Anda memecah zat yang disebut purin, yang ditemukan di banyak makanan. Makanan tinggi purin termasuk makanan laut, daging merah, dan alkohol.

Biasanya, ginjal Anda membuang asam urat. Tetapi jika ginjal tidak dapat mengeluarkannya dengan benar, asam urat menumpuk dan membentuk kristal di persendian Anda. Kristal asam urat ini, yang disebut monosodium urate, dapat menyebabkan serangan asam urat.

Asam urat menyebabkan nyeri sendi yang hebat. Ini biasanya mempengaruhi satu sendi pada satu waktu, meskipun umumnya mempengaruhi jempol kaki. Anda mungkin juga mengalami:

  • kekakuan
  • pembengkakan
  • kehangatan
  • kemerahan

Perawatan di rumah termasuk obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), jus ceri, dan tetap terhidrasi.

Kunyit, bumbu kuning cerah, adalah obat rumahan lain untuk asam urat. Ada bukti ilmiah bahwa kunyit memiliki senyawa yang dapat meredakan peradangan asam urat.

Pada artikel ini, kita akan mengeksplorasi cara menggunakan kunyit untuk asam urat, beserta khasiat dan efek sampingnya.

Kunyit berasal dari tanaman Curcuma longa, yang merupakan bagian dari keluarga jahe. Selama ribuan tahun, secara tradisional digunakan untuk mengobati kondisi peradangan seperti asam urat.

Mari kita lihat khasiat obat kunyit dan bagaimana masing-masing dapat membantu.


Sifat anti-inflamasi

Curcumin adalah bahan kimia paling aktif dalam kunyit. Curcumin bertanggung jawab atas kemampuan anti-inflamasi kunyit yang kuat.

Menurut studi hewan tahun 2019 di Arthritis Research & Therapy, kurkumin dapat menekan protein yang disebut faktor-kappa B nuklir (NF-kappa B). NF-kappa B memainkan peran utama dalam kondisi peradangan, termasuk asam urat.

Dalam percobaannya, peneliti menyuntik tikus dengan kurkumin. Setelah satu jam, mereka menyuntikkan asam urat ke salah satu kaki. Pada akhir penelitian, para peneliti menemukan bahwa kurkumin memblokir NF-kappa B dan peradangan akibat kelebihan asam urat.

Sebuah studi manusia tahun 2013 yang diterbitkan dalam Open Journal of Rheumatology and Autoimmune Diseases juga mencatat efek anti-inflamasi kurkumin. Orang dengan asam urat merasa lega setelah mengonsumsi Flexofytol, ekstrak kurkumin yang dimurnikan. Para peneliti mengaitkan manfaat ini dengan kemampuan kurkumin untuk memblokir NF-kappa B.

Sementara para ilmuwan masih mempelajari bagaimana kurkumin mempengaruhi asam urat, penelitian ini menunjukkan kunyit dapat membantu meredakan peradangan asam urat.


Pereda sakit

Dengan menekan peradangan, curcumin dapat membantu nyeri sendi terkait arthritis. Efek ini diamati dalam studi tahun 2018 di BMC Complementary and Alternative MedicineTrusted Source, di mana penderita osteoartritis mengonsumsi ekstrak kurkumin selama tiga bulan.

Para peserta mengalami berkurangnya nyeri sendi, seiring dengan peningkatan fungsi fisik dan kekakuan di pagi hari.

Meskipun peserta penelitian menderita osteoarthritis, manfaat ini juga dapat membantu arthritis jenis lain seperti asam urat. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami hubungan antara kunyit dan nyeri asam urat.


Sifat antioksidan


Radikal bebas adalah molekul yang menyebabkan kerusakan sel. Antioksidan, di sisi lain, melindungi sel Anda dari radikal bebas. Jika tubuh Anda memiliki ketidakseimbangan radikal bebas dan antioksidan, stres oksidatif terjadi.

Stres oksidatif berkontribusi terhadap peradangan. Namun menurut artikel tahun 2017 di Journal of Food Quality, kunyit adalah antioksidan kuat. Sifat antioksidannya berasal dari flavonoid, asam askorbat, dan polifenolnya, termasuk kurkumin.

Ini berarti kunyit dapat membantu mengendalikan peradangan asam urat dengan mengurangi stres oksidatif.

Ada beberapa cara menggunakan kunyit untuk asam urat. Anda mungkin harus bereksperimen dengan berbagai metode untuk menemukan metode yang paling cocok untuk Anda.


Dalam makanan Anda

Banyak orang menggunakan kunyit dengan menambahkannya ke dalam makanan dan minuman.

Untuk menikmatinya sebagai bumbu utama, buat kari, teh kunyit, atau susu emas. Atau, Anda dapat menambahkan sejumput kunyit ke:

  • sup
  • saus
  • sayuran panggang
  • telur
  • Nasi
  • smoothie

Jika memungkinkan, makanlah kunyit dengan lada hitam. Menurut a Artikel 2017, kurkumin memiliki bioavailabilitas yang buruk, tetapi menambahkan lada hitam meningkatkan penyerapannya.


Kunyit topikal untuk asam urat

Beberapa orang mengobati asam urat dengan mengoleskan kunyit pada persendiannya. Kemanjuran metode ini belum terbukti secara ilmiah, tetapi orang mengklaimnya memberikan kelegaan.

Biasanya, ini melibatkan krim atau salep dengan kunyit yang dioleskan. Anda dapat menemukan produk tersebut di toko makanan kesehatan.

Pilihan lainnya adalah membuat pasta kunyit. Campurkan 1 hingga 2 sendok makan yogurt, madu mentah, atau minyak kelapa dengan 1 sendok teh kunyit. Oleskan pasta pada sendi yang terkena dan bersihkan setelah 10 hingga 15 menit.


Suplemen kunyit

Anda bisa mengonsumsi suplemen kunyit dalam berbagai bentuk, antara lain:

  • kapsul
  • ekstrak
  • permen karet
  • minum bubuk



Seringkali, suplemen kunyit mengandung bahan anti inflamasi lain seperti jahe.

Sampai saat ini, tidak ada dosis kunyit yang direkomendasikan khusus untuk asam urat.

Namun, untuk osteoartritis, Arthritis Foundation menyarankan untuk mengonsumsi kapsul 400 hingga 600 mg tiga kali sehari. The Arthritis Foundation juga merekomendasikan untuk mengonsumsi 500 mg dua kali sehari untuk rheumatoid arthritis. Dosis ini akan memberi Anda gambaran tentang berapa banyak yang harus Anda konsumsi.

Jika ragu, ikuti petunjuk pada kemasan suplemen. Anda juga dapat meminta rekomendasi dari dokter Anda.

Kunyit biasanya aman bila dimakan atau dioleskan. Tetapi ada potensi risiko dan efek samping dari mengonsumsi suplemen kunyit.

Anda harus menghindari mengonsumsi suplemen kunyit jika Anda memiliki salah satu dari kondisi berikut:

  • Gangguan pendarahan. Kunyit dapat mengencerkan darah Anda. Hindari jika Anda memiliki kelainan perdarahan atau jika Anda mengonsumsi obat pengencer darah.
  • Masalah perut. Bagi sebagian orang, kunyit menyebabkan masalah perut seperti mual atau diare. Berhati-hatilah jika Anda memiliki gangguan pencernaan.
  • Batu ginjal. Hindari kunyit jika Anda rentan terhadap batu ginjal. Ini tinggi oksalat, yang dapat mengikat mineral dan membentuk batu ginjal.
  • Penyakit kandung empedu. Kunyit dapat memperburuk masalah kandung empedu.
  • Kekurangan zat besi. Pada dosis tinggi, kunyit dapat mengganggu penyerapan zat besi. Jika Anda kekurangan zat besi, tanyakan kepada dokter apakah aman mengonsumsi kunyit.
  • Hamil atau menyusui. Jangan mengonsumsi suplemen kunyit saat hamil atau menyusui. Tidak ada penelitian yang cukup untuk memastikan bahwa itu aman.


Bila digunakan secara teratur, kunyit dapat membantu mengatasi nyeri asam urat. Tetapi jika rasa sakit Anda semakin parah atau tidak kunjung membaik, kunjungi dokter.

Anda juga harus mencari pertolongan medis jika Anda mengalami gejala baru. Ini dapat mengindikasikan komplikasi atau kondisi kesehatan lainnya.

Jika Anda menderita asam urat, cobalah kunyit sebagai obat rumahan. Bahan kimia paling aktifnya, kurkumin, memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat. Ini dapat membantu meredakan peradangan dan nyeri yang berhubungan dengan asam urat.

Saat dimakan dalam makanan, kunyit umumnya aman. Tapi itu bisa menyebabkan masalah pada dosis tinggi. Periksa dengan dokter sebelum mengambil suplemen.

Sementara kunyit dan pengobatan rumahan lainnya dapat membantu mengurangi peradangan, bicarakan dengan dokter Anda tentang rencana perawatan komprehensif untuk asam urat. Mereka mungkin meresepkan obat untuk mengurangi kadar asam urat dan merekomendasikan perubahan gaya hidup untuk membantu mencegah serangan asam urat di masa mendatang.


Post a Comment