Daftar Isi [Tampil]

Manfaat buah nanas untuk kesehatan/Canva

Tanihoki.com
– Manfaat buah nanas bagi manusia ada banyak. Mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan tulang, hingga mengatasi gangguan pencernaan.

Nanas sendiri adalah salah satu buah tropis yang disukai. Selain rasanya yang lezat, nanas juga bisa diolah menjadi berbagai bentuk penganan.

Tanaman dengan nama latin Ananas comosus ini adalah tumbuhan yang paling penting secara ekonomi dalam famili Bromeliaceae.

Asalnya dari Amerika Selatan, namun kini sudah dibudidayakan di berbagai belahan dunia, khsuusnya di daerah tropis.

Selain kaya akan serat dan air, nanas punya kandungan nutrisi yang bisa menyehatkan tubuh lho.

Yuk simak berbagai kandungan gizi dan manfaat nanas buat kesehatan.

 

Nutrisi dalam Buah Nanas

Ada banyak nutrisi dalam buah nanas. Berikut adalah kandungan gizi yang bisa Anda temukan dari tiap 100 gram nanas:

  • Air: 88.9 gram (g)
  • Protein: 0.6 g
  • Lemak: 0.3 g
  • Serat: 0.6 g
  • Kalsium: 22 miligram (mg)
  • Fosfor: 14 mg
  • Zat besi: 0.9 mg
  • Natrium: 18 mg
  • Kalium: 111.0 mg
  • Tembaga: 0.03 mg
  • Seng: 0.1 mg
  • Beta-karoten: 17 mcg
  • Karoten total: 90 mcg
  • Thiamin (Vitamin B1): 0.02 mg
  • Riboflavin (Vitamin B2): 0.04 mg
  • Niasin (Vitamin B3): 0.2 mg
  • Asam askorbat (Vitamin C): 22 mg

 

Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan

Ah, kalau sudah tahu kandungan nanas, kita sekarang membahas soal manfaat apa saja yang bisa kalian dapatkan dari buah nanas ini menurut hellosehat.com:

Manfaat buah nanas untuk kesehatan/Canva


1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kok bisa ya nana bisa meningkatkan daya tahan tubuh? Nah, dalam nanas itu terkandung antioksidan, yaitu berupa vitamin C. Kalian sudah tahu kan fungsi vitamin C? Yak betul, membantu meningkatkan daya tahan tubuh, khususnya dari berbagai penyakit.

Hal ini juga diungkapkan oleh sebuah penelitian dalam jurnal Nutrients pada 2017 lalu.

Penelitian tersebut menyatakan bahwa asam askorbat atau vitamin C termasuk salah satu jenis vitamin yang berperan penting dalam melindungi sistem imun tubuh.

Makanya, mengonsumsi buah tinggi vitamin ini dapat membantu pencegahan terhadap infeksi pernapasan dan sistemik.

Di samping itu, buah nanas juga memiliki kandungan enzim bromelain yang berguna untuk menjaga tubuh dari serangan mikroorganisme. Efek anti-inflamasi dari enzim berperan dalam memperbaiki kerusakan pada tingkat sel akibat serangan kuman, dan membantu stimulasi daya tahan tubuh lebih baik.


2. Mengurangi risiko kanker

Info penting nih Sobat Tani, enzim bromelain yang terdapat di dalam nanas ternyata tidak hanya memiliki manfaat untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh saja, tetapi juga dapat membantu mengurangi risiko kanker.

Sebuah penelitian di jurnal Plos One membuktikan bahwa enzim tersebut dapat mencegah perkembangbiakan sel kanker kolorektal.

Sementara itu, riset lain dalam Journal of Medicinal Food mengatakan bahwa enzim ini juga dapat mencegah perkembangan sel kanker payudara. Wow, ajib ya…

Bahkan, bromelain juga dapat memicu kematian sel kanker. Oleh karena itu, nanas yang kaya akan enzim ini dapat membantu kita mengurangi risiko kanker dan meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh.


3. Menjaga kesehatan tulang

Ilustrasi Kalsium/Canva

Kandungan kalsium di dalam buah nanas yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Eh, ternyata tidak hanya kalsium saja loh kandungan yang bisa memperkuat tulang. Dalam buah nanas juga mengandung tembaga yang dapat memberikan efek yang sama terhadap kesehatan tulang kalian.

Sebuah penelitian yang dimuat pada Clinical Cases in Mineral and Bone Metabolism pada 2016 lalu membuktikannya. Penelitian tersebut menyatakan bahwa tembaga merupakan salah satu mineral yang memiliki peranan penting pada kesehatan tulang manusia.

Bahkan, seseorang yang kekurangan asupan tembaga berpotensi mengalami gangguan kesehatan tulang, termasuk osteoporosis atau penyakit pengeroposan tulang.


4. Membantu penyembuhan luka pascaoperasi

Kandungan enzim bromelain dalam buah nanas ternyata dapat juga membantu proses penyembuhan luka pascaoperasi.

Dalam penelitian di The Journal of Pakistan Medical Association disampaikan bahwa enzim bromelain yang memiliki sifat anti-inflamasi dapat membantu mengatasi peradangan, pembengkakan, atau luka memar yang mungkin muncul setelah operasi.

Beberapa penyebab luka menjadi sulit untuk sembuh karena terjadi peradangan dan infeksi bakteri pada sekitar luka, dan hal ini dapat diatasi oleh efek anti-inflamasi dan peningkatan imunitas oleh bromelain. Ekstrak buah nanas juga dapat diaplikasikan dengan cara dioles di permukaan kulit yang terluka.

 

5. Menjaga kesehatan mata

Ilustrasi mata sehat/Canva

Tingginya kandungan vitamin C membuah nutrisi buah nanas bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. 

Dalam penelitian yang dimuat pada jurnal Antioxidants disebutkan bahwa meningkatkan asupan beta karoten, dan vitamin C dapat membantu mengurangi risiko mengalami penyakit mata yang biasa menyerang lanjut usia atau lansia.

Selain itu, mengonsumsi buah yang tinggi akan vitamin C seperti nanas juga memiliki manfaat dalam mencegah pembentukan katarak pada mata. Lalu, vitamin ini juga dapat memperlambat proses perkembangan penyakit mata yang dapat menyebabkan kebutaan.

 

6. Mengatasi gangguan pencernaan

Enzim bromelain yang terdapat dalam buah nanas ternyata juga memiliki manfaat dalam membantu mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit dan rasa mual. 

Biasanya, gangguan pencernaan terjadi karena tubuh tidak dapat mencerna protein dengan baik.

Nah, enzim bromelain dari buah nanas dapat membantu memecah protein dengan lebih cepat. Dengan begitu, mengonsumsi buah ini dapat mengurangi berbagai efek dari sembelit dan rasa mual, khususnya setelah makan.

Tak hanya itu, kandungan serat yang terdapat di dalam buah nanas juga dapat membantu melancarkan pencernaan, khususnya saat kalian mengalami sembelit.


7. Meringankan gejala arthritis

Radang sendi atau artritis adalah peradangan yang terjadi pada satu atau beberapa sendi, sehingga menyebabkan sendi menjadi kaku.

Ada banyak sekali manfaat buah nanas untuk kesehatan dalam pengobatan radang sendi. Ini karena nanas mengandung bromelain, yang memiliki sifat anti-inflamasi, umumnya dianggap dapat meredakan nyeri bagi penderita radang sendi.


Nah, bergitu banyak ya manfaat buah nanas buat kesehatan manusia. Terimakasih Tuhan sudah menciptakan nanas untuk kita semua ... 

Post a Comment