Daftar Isi [Tampil]


Tanihoki.com
  Asam urat (gout) adalah sejenis radang sendi yang menyebabkan rasa sakit yang mirip dengan osteoartritis, meski ada beberapa perbedaan yang berbeda.

Penyakit ini disebabkan oleh penumpukan asam urat (uric acid) yang tinggi dalam darah. Asam urat kemudian menumpuk di persendian, menyebabkan peradangan dengan rasa tidak nyaman dan nyeri.

Beberapa solusi alami dapat membantu. Namun, jika nyeri asam urat Anda sangat tiba-tiba atau intens, hubungi dokter Anda sebelum mencoba pengobatan di bawah ini.


Obat Alami untuk Asam Urat


Ceri atau jus ceri asam

Berdasarkan sebuah survey pada 2016, ceri  baik asam, manis, merah, hitam, dalam bentuk ekstrak, sebagai jus, atau mentah  adalah pengobatan rumahan yang sangat populer dan berpotensi berhasil bagi banyak orang.

Satu studi di 2012 dan satu lagi di tahun yang sama juga menyarankan ceri dapat bekerja untuk mencegah serangan asam urat.

Penelitian ini merekomendasikan tiga porsi bentuk ceri apa pun selama periode dua hari, yang dianggap paling efektif.


Magnesium

Magnesium adalah mineral makanan. Beberapa mengklaim mineral ini baik untuk asam urat karena kekurangan magnesium dapat memperburuk stres inflamasi kronis dalam tubuh, meskipun tidak ada penelitian yang membuktikannya.

Tetap saja, sebuah studi 2015 menunjukkan bahwa magnesium yang cukup dikaitkan dengan kadar asam urat yang lebih rendah dan lebih sehat, sehingga berpotensi menurunkan risiko asam urat. Ini berlaku untuk pria tetapi tidak untuk wanita dalam penelitian ini.

Cobalah mengonsumsi suplemen magnesium, tetapi baca petunjuk label dengan cermat. Atau, makan makanan kaya magnesium setiap hari. Ini dapat menurunkan risiko asam urat atau kejadian asam urat dalam jangka panjang.


Jahe

Jahe adalah makanan kuliner dan ramuan yang diresepkan untuk kondisi peradangan. Kemampuannya untuk membantu asam urat didokumentasikan dengan baik.

Satu studi menemukan jahe topikal mengurangi rasa sakit yang berhubungan dengan asam urat pada asam urat. Studi lain menunjukkan bahwa pada subjek dengan kadar asam urat tinggi (hiperurisemia), kadar asam urat serum mereka berkurang dengan jahe. Tetapi subjeknya adalah tikus, dan jahe dikonsumsi secara internal, bukan secara topikal.

Buat kompres atau pasta jahe dengan air mendidih dengan 1 sendok makan jahe segar parut. Rendam waslap dalam campuran. Setelah dingin, tempelkan waslap ke area yang terasa sakit setidaknya sekali sehari selama 15 hingga 30 menit. Iritasi kulit mungkin terjadi, jadi sebaiknya lakukan tes pada sebagian kecil kulit terlebih dahulu.

Ambil jahe secara internal dengan air mendidih dan seduh 2 sendok teh jahe selama 10 menit. Nikmati 3 cangkir per hari.

Interaksi dimungkinkan. Beri tahu dokter Anda terlebih dahulu sebelum Anda mengonsumsi jahe dalam jumlah besar.


Air hangat dengan cuka sari apel, jus lemon, dan kunyit

Cuka sari apel, jus lemon, dan kunyit masing-masing sering direkomendasikan secara anekdot untuk asam urat. Bersama-sama, mereka membuat minuman dan obat yang menyenangkan.

Tidak ada penelitian kuat yang mendukung cuka sari apel untuk asam urat, meskipun penelitian menunjukkan cuka apel dapat mendukung ginjal. Jika tidak, penelitian menjanjikan jus lemon dan kunyit untuk menurunkan asam urat.

Campur jus dari satu setengah lemon yang diperas ke dalam air hangat. Campurkan dengan 2 sendok teh kunyit dan 1 sendok teh cuka sari apel. Sesuaikan dengan selera. Minum dua sampai tiga kali per hari.


Seledri atau biji seledri

Seledri/Canva

Seledri adalah makanan tradisional yang digunakan untuk mengobati masalah kencing. Untuk asam urat, ekstrak dan biji sayuran telah menjadi pengobatan rumahan yang populer.

Penggunaan eksperimental didokumentasikan dengan baik, meskipun penelitian ilmiah masih sedikit. Diperkirakan seledri dapat mengurangi peradangan.

Jumlah seledri yang cukup untuk mengobati asam urat tidak didokumentasikan. Cobalah makan seledri berkali-kali setiap hari, terutama batang seledri mentah, jus, ekstrak, atau bijinya.

Jika membeli ekstrak atau suplemen, ikuti petunjuk label dengan cermat.


Teh jelatang

Jelatang (Urtica dioica) adalah obat herbal untuk asam urat yang dapat mengurangi peradangan dan nyeri.

Penggunaan tradisional sering disebut dalam penelitian. Masih belum ada penelitian yang secara langsung membuktikannya berhasil. Satu studi menunjukkan itu melindungi ginjal, tetapi subjeknya adalah kelinci jantan, dan cedera ginjal disebabkan oleh pemberian gentamisin, antibiotik.

Untuk mencoba teh ini, seduh secangkir dengan air mendidih. Seduh 1 hingga 2 sendok teh jelatang kering per cangkir air. Minum hingga 3 gelas per hari.


Dandelion

Teh, ekstrak, dan suplemen dandelion digunakan untuk meningkatkan kesehatan hati dan ginjal.

Mereka dapat menurunkan kadar asam urat pada mereka yang berisiko mengalami cedera ginjal, seperti yang ditunjukkan dalam studi tahun 2013 dan studi tahun 2016, tetapi ini dilakukan pada tikus. Dandelion tidak terbukti membantu asam urat.

Anda bisa menggunakan teh dandelion, ekstrak, atau suplemen. Ikuti petunjuk label dengan cermat.


Biji milk thistle

Milk thistle adalah ramuan yang digunakan untuk kesehatan hati.

Sebuah studi tahun 2016 menyarankan itu dapat menurunkan asam urat di tengah kondisi yang dapat merusak ginjal, dan studi lain dari tahun 2013 mendukungnya. Namun, kedua penelitian tersebut dilakukan pada tikus.

Ikuti petunjuk pemberian dosis pada suplemen milk thistle dengan hati-hati atau diskusikan dengan dokter Anda.


Kembang sepatu

Hibiscus /Canva

Hibiscus adalah bunga taman, makanan, teh, dan obat herbal tradisional.

Ini mungkin obat tradisional yang digunakan untuk mengobati asam urat. Satu penelitian menunjukkan bahwa kembang sepatu dapat menurunkan kadar asam urat, meskipun penelitian ini dilakukan pada tikus.

Gunakan suplemen, teh, atau ekstrak. Ikuti petunjuk label dengan cermat.


Aplikasi dingin atau panas topikal

Menerapkan air dingin atau panas ke sendi yang meradang juga bisa efektif.

Studi dan pendapat tentang ini beragam. Berendam dalam air dingin paling sering direkomendasikan dan dianggap paling efektif. Paket es juga bisa digunakan.

Berendam dalam air panas biasanya hanya disarankan saat peradangan tidak terlalu parah.

Aplikasi panas dan dingin bergantian juga dapat membantu.


Apel

Situs kesehatan alami mungkin merekomendasikan apel sebagai bagian dari diet pengurang asam urat. Klaim: Apel mengandung asam malat, yang menurunkan asam urat.

Namun, tidak ada penelitian yang mendukung ini untuk asam urat. Apel juga mengandung fruktosa, yang dapat memicu hiperurisemia, yang menyebabkan serangan asam urat.

Makan satu apel per hari baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Ini mungkin sedikit bermanfaat untuk asam urat, tetapi hanya jika tidak menambah konsumsi gula harian yang berlebihan.


Pisang

Pisang dianggap baik untuk asam urat. Mereka kaya potasium, yang membantu jaringan dan organ dalam tubuh berfungsi dengan baik.

Pisang juga mengandung gula, termasuk fruktosa, yang bisa menjadi pemicu asam urat. Banyak makanan yang lebih tinggi potasium dan lebih rendah gula daripada pisang, seperti sayuran hijau dan alpukat.

Makan satu pisang per hari untuk mendapatkan manfaat. Belum ada penelitian yang mendukung manfaat pisang untuk asam urat.


Garam Epsom

Ilustrasi/Canva

Beberapa orang merekomendasikan mandi garam Epsom untuk mencegah serangan asam urat.

Idenya adalah garam Epsom kaya akan magnesium, yang dapat menurunkan risiko asam urat. Namun, penelitian menunjukkan magnesium tidak dapat diserap secara memadai melalui kulit untuk memberikan manfaat kesehatan apa pun.

Untuk mencoba garam Epsom, campurkan 1 hingga 2 cangkir di bak mandi Anda. Rendam seluruh tubuh Anda atau hanya sendi tertentu untuk meredakan gejala.

Sumber: healthline.com/health/gout/home-remedies

Post a Comment