Daftar Isi [Tampil]

Ilustrasi/Canva

Tanihoki.com
– Gout terjadi ketika tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat. Asam ini merupakan produk sampingan dari saat tubuh memecah purin yang ditemukan dalam makanan.

Kelebihan asam urat ini membentuk kristal, yang dapat disimpan tubuh di semua jaringan. Namun, kristal terutama terbentuk di dalam dan sekitar persendian, menyebabkan iritasi, pembengkakan, dan ketidaknyamanan.

Kristal juga dapat membentuk pertumbuhan di sekitar sendi yang terkena, yang dikenal sebagai tophi.

Obat rumahan untuk asam urat meliputi:


1. Minum banyak air

Ketika seseorang menderita asam urat, mereka dapat mengalami pembengkakan dan peradangan yang signifikan. Salah satu cara untuk mengurangi gejala adalah dengan minum lebih banyak air.

Meningkatkan konsumsi cairan dapat memicu ginjal seseorang untuk mengeluarkan cairan berlebih, mengurangi pembengkakan pada penderita asam urat.

Air adalah yang terbaik. Namun, cairan bening lainnya, seperti kaldu dan teh herbal, juga merupakan pilihan yang baik. Orang harus menghindari alkohol dan soda, yang mengandung purin tinggi.

Namun, siapa pun dengan gagal jantung kongestif atau penyakit ginjal harus berkonsultasi dengan dokter sebelum menambah asupan cairan.


2. Menerapkan es ke sendi yang terkena

Menerapkan kompres es yang tertutup kain ke sendi dapat membantu mengurangi peradangan terkait asam urat.

Coba tempelkan kompres es atau benda dingin lainnya yang dibungkus dengan handuk tipis selama 20–30 menit untuk membantu meredakan nyeri.


3. Mengurangi stres

Ilustrasi/Canva

Stres yang meningkat dapat memperburuk gejala asam urat. Meskipun tidak selalu mungkin untuk menghilangkan semua sumber stres, tips berikut dapat membantu:

  • berolahraga jika rasa sakit tidak membatasi gerakan
  • meminta cuti dari pekerjaan
  • menulis jurnal atau membaca buku favorit
  • bermeditasi


Istirahat yang cukup juga dapat membantu seseorang mengurangi stres.


4. Mengangkat sendi yang sakit

Asam urat dapat menyebabkan nyeri dan bengkak, terutama pada kaki, tangan, lutut, dan pergelangan kaki.

Salah satu cara untuk mengurangi pembengkakan adalah dengan meninggikan sendi yang terkena. Ini mendorong darah dan cairan menjauh dari sendi dan kembali ke jantung.

Seseorang juga dapat menggunakan kompres es dengan ketinggian untuk mengurangi gejala asam uratnya. Kedua solusi ini merupakan bagian dari metode istirahat, es, kompresi, dan elevasi (RICE).


5. Mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas

Meskipun obat antiradang yang dijual bebas (OTC), seperti ibuprofen (Advil) dan naproxen sodium (Aleve), mungkin tidak "alami", obat ini adalah pilihan yang baik untuk mengobati rasa sakit dan pembengkakan akibat asam urat.

Orang tidak boleh mengonsumsi lebih dari dosis yang dianjurkan dan selalu bertanya kepada dokter apakah obat OTC dapat mengganggu pengobatan mereka yang lain.

Jika pereda nyeri OTC tidak membantu, seseorang mungkin ingin bertanya kepada dokter tentang obat resep yang lebih kuat.


6. Minum kopi

Ilustrasi/Canva

Beberapa orang percaya minum kopi dapat menurunkan risiko mengalami asam urat.

Penelitian pada 2016 menunjukkan bahwa mereka yang minum lebih banyak kopi lebih kecil kemungkinannya menderita asam urat. Ini mungkin karena kopi dapat menurunkan kadar asam urat.

Selanjutnya, riset pada 2019 melaporkan bahwa konsumsi kopi menurunkan risiko asam urat, dan dapat melakukannya secara independen untuk menurunkan kadar asam urat serum.

Namun, hanya karena penelitian tersebut menunjukkan korelasi antara konsumsi kopi yang lebih tinggi dan risiko asam urat yang lebih rendah, bukan berarti kopi menyebabkan risiko yang lebih rendah.


7. Makan makanan seimbang

Diet seimbang yang mengandung berbagai makanan padat nutrisi dan diproses secara minimal dapat membantu menurunkan kadar asam urat dan mengurangi risiko seseorang terkena asam urat.

Pola makan nabati bisa sangat bermanfaat bagi penderita asam urat. Banyak buah dan sayuran kaya akan antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan.


8. Minum air lemon

Sebuah studi pada 2015 menemukan bahwa menambahkan jus dari dua buah lemon segar ke dalam 2 liter air setiap hari dapat mengurangi asam urat pada penderita asam urat.

Para peneliti menyimpulkan bahwa air lemon membantu menetralkan asam urat dalam tubuh, sehingga membantu menurunkan kadarnya.


9. Membatasi asupan alkohol

Menurut Arthritis Foundation, minum lebih dari dua minuman berbahan dasar minuman keras atau dua bir per hari meningkatkan risiko seseorang terkena asam urat.

Bir mengandung purin tinggi, jadi menghindarinya bisa bermanfaat bagi penderita asam urat.


10. Menghindari daging dengan purin tinggi

Beberapa daging mengandung purin dalam jumlah tinggi. Menghindari ini dapat membantu mengurangi gejala asam urat seseorang.

Daging dan ikan yang tinggi purin meliputi:

  • Daging babi asap
  • Kalkun
  • Daging sapi muda
  • Daging rusa
  • Jeroan, seperti hati
  • Teri
  • Sarden
  • Kerang
  • Ikan haring
  • Ikan kod
  • Haddock
  • Ikan trout
  • Kerang


Post a Comment