Daftar Isi [Tampil]


Tanihoki.com
Cocor bebek merupakan jenis tanaman hias yang sudah sangat populer. Selain mudahnya pengembangbiakan, rupanya cocor bebek juga punya banyak bermanfaat untuk kesehatan.

Tanaman hias yang berasal dari Genus Kalanchoe ini banyak dipercaya jadi pereda alergi, mengatasi peradangan dan infeksi, hingga khasiat antidiabetes.

Nah, sebelum kita ngomongin mafaatnya, ada sedikit gambaran tentang tanaman yang metode reproduksinya melalui tunas daun ini.

Tanaman cocor bebek memiliki nama ilmiah Kalanchoe pinnata atau Bryophyllum pinnatum. Tanaman tersebut mudah tumbuh di parit, kebun, bahkan tumbuh subur di tanah berbatu.

Cirinya, daun tebal berdaging dan mengandung banyak air, sedangkan batangnya lunak dan memiliki ruas.

Cocor bebek memiliki bunga majemuk berwarna merah muda.

Aslinya, cocor bebek adalah tanaman yang berasal dari Madagaskar dan merupakan tumbuhan sukulen.


Cara Berkembang Biak Cocor Bebek

Cocor bebek berkembang biak dengan tunas daun. Tumbuhan cocor bebek akan menumbuhkan tunasnya pada bagian tepi daun.

Cara berkembang biak cocor bebek disebut tunas adventif, yakni perkembangbiakan tumbuhan dengan menumbuhkan tunas liar di luar bagian batang.

Tips dan cara melakukannya pembiakan cocor bebek di rumah.

  1. Ambil daun cocor bebek yang sudah tua dan tidak ada goresan untuk dijadikan indukan tunas.
  2. Gunakan pisau atau gunting tanaman ya. 
  3. Siapkan media tanam dan wadah untuk menanam cocor bebek. 
  4. Cuci daun cocor bebek tersebut dengan air mengalir lalu letakkan di pot tanam. Pastikan daun indukan menghadap ke arah cahaya matahari dengan sinar yang cukup.
  5. Tutupi daun tersebut dengan tanah yang sudah dicampur pupuk dan sekam dengan perbandingan 2:1:1.
  6. Siramitanaman cocor bebek yang baru ditanam dengan menggunakan air di dalam botol spray atau dengan cara disemprot. Siram hingga tanaman menjadi lembap, tetapi tidak basah berlebihan.
  7. Tunas cocor bebek akan muncul pada sisi sisi daun indukan yang ditanam setelah beberapa hari.



Cocor bebek berbunga (Kalanchoe blossfeldiana) adalah spesies tanaman hias berbunga yang berasal dari genus kalanchoe atau cocor-bebek yang berasal dari Afrika. 

Sesuai namanya, tanaman ini termasuk keluarga tumbuhan cocor bebek namun lebih sering berbunga, sehingga diminati sebagai tanaman hias.

Cocor bebek memiliki batang yang lunak dan beruas. Daunnya tebal berdaging dan mengandung banyak air. 

Warna daun hijau muda (kadang kadang abu-abu). Bunga majemuk, buah kotak. 

Cara terbaik untuk menanam cocor bebek adalah menyetek batang dari tanaman yang sudah dewasa, kemudian menanam potongan tersebut agar tumbuh menjadi tanaman cocor bebek baru. 

Gunakan pisau atau gunting setek yang tajam untuk memotong batang cocor bebek yang sudah dewasa.

Seiring merebaknya tren memelihara tanaman sejak awal pendemi ini, salah satu tanaman yang ikut naik popularitasnya adalah cocor bebek. Tanaman ini cocok untuk ditanam di dalam pot hias sebagai pemanis ruangan Anda.

Daun cocor bebek atau nama latinnya adalah Kalanchoe pinnata atau Bryophyllum pinnata merupakan salah satu tanaman yang diklaim memiliki manfaat bagi kesehatan.

Daun cocor bebek memiliki kandungan senyawa kimia seperti alkaloid, flavonoid, steroid, lipid, komponen alifatik dan Tanaman cocor bebek ternyata mengandung vitamin C, asam lemon, asam apel, glucoside, tannin, dan bryophyllin A (senyawa yang bersifat antitumor). 

Beragam kandungan tersebut membuat cocor bebek memiliki banyak manfaat bagi kesehatan selain itu juga ada bebeberapa senyawa lain yang merupakan senyawa yang dapat digunakan untuk bahan pembuatan obat.


Manfaat Tanaman Cocor Bebek 

  • Dipercaya mampu menjadi pereda alergi
  • Dipercaya mampu mengatasi peradangan dan infeksi karena memiliki efek antimikrobial
  • Dipercaya memiliki khasiat antioksidan
  • Diperacaya memiliki khasiat antidiabetes
  • Dipercaya memiliki khasiat anti-neoplastic atau mencegah kanker
  • Dan beragam manfaat lain seperti pengobatan herbaltradisional untuk mengatasi batu ginjal, luka lambung, ataupun peradangan sendi


Meskipun begitu, penggunaan daun cocor bebek tanpa pengolahan sebagai bahan baku obat perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terutama untuk studi klinis khasiatnya.

Efek samping dari mengonsumsi daun cocor bebek sendiri belum diketahui sehingga tetap perlu berhati-hati apa bila mengonsumsi daun cocor bebek sebagai pengobatan alternatif. 

Dan perlu diwaspadai terlebih jika mengonsumsi obat lainnya agar tidak terjadi reaksi akibat interaksi zat yang ada.

Untuk itu apabila mengalami masalah kesehatan ada baiknya tetap memeriksakan diri terlebih dahulu pada dokter agar diberikan penanganan yang tepat.

Selain itu tanaman cocor bebek juga sudah banyak dikenal masyarakat yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti uraian di bawah ini



Meredakan sakit kepala

Untuk membantu meredakan sakit kepala, Anda cukup memetik daun cocor bebek, cuci bersih, dan memakannya. 

Jika tidak berbiasa mengonsumsinya secara langsung, Anda bisa merebus daunnya terlebih dahulu. 

Anda juga bisa meminum air rebusannya dan memakan daun cocor bebek yang direbus sebagai lalapan.


Menjaga Kesehatan Pencernaan

Cocor bebek juga bisa dijadikan obat berbagai masalah kesehatan pencernaan. 

Kandungan flavonoid, steroid, serta lipid pada daun cocor bebek berfungsi penuh untuk menurunkan reaksi nyeri lambung. Caranya, cukup konsumsi air saringan cocor bebek secara rutin.


Menghilangkan jerawat

Tak hanya untuk membantu mengatasi gatal akibat gigitan nyamuk, daun cocor bebek juga bisa digunakan untuk membantu menghilangkan jerawat dan membuat kulit lebih halus. 

Caranya, haluskan daun cocor bebek secukupnya, kemudian campurkan dengan air mawar dan masukkan ke dalam wadah botol spray. 

Setelah itu, semprotkan campuran tersebut pada wajah, diamkan beberapa saat, dan bilas dengan air hangat. Ulangi cara ini secara teratur selama beberapa hari dan rasakan manfaatnya. 

Namun, hentikan penggunaan campuran daun cocor bebek dan air mawar pada wajah jika terjadi iritasi.


Meredakan demam

Khasiat tanaman ini dalam meredakan demam ternyata dapat diandalkan. Haluskan empat helai daun cocor bebek, kemudian tempelkan pada dahi sebagai kompres. 

Anda juga bisa membalurkan air hasil tumbukan daun cocor bebek ke seluruh tubuh sebagai kompres badan. Cara ini dapat dicoba untuk membantu meredakan demam


Menyembuhkan luka

Untuk membantu menyembuhkan luka, caranya adalah dengan menumbuk daun cocor bebek hingga halus, kemudian menempelkan tumbukan daun tersebut pada luka. 

Tutup dengan kain kasa dan biarkan selama beberapa jam. Daun cocor bebek mengandung antibakteri dan inflamasi yang dapat menggantikan fungsi antiseptik dalam membantu menyembuhkan luka.


 Mengatasi gigitan nyamuk

Satu lagi manfaat yang unik dari daun cocor bebek, yaitu dapat digunakan untuk membantu mengatasi gatal dan bentol akibat gigitan nyamuk. 

Caranya, tumbuk halus 10 helai daun cocor bebek hingga airnya keluar. Kemudian peras dan saring daunnya. Oleskan air tersebut pada bagian tangan dan kaki yang digigit nyamuk



Post a Comment