Daftar Isi [Tampil]


Tanihoki.com
– China telah meluncurkan proyek perlindungan lingkungan yang belum pernah terjadi sebelumnya di daerah gurun barat laut China. 

Mereka menggunakan lebih dari 200 robot pengendali pasir terbaru untuk mengubah 8.000 hektar gurun menjadi oasis dalam waktu hanya 30 hari.


Penggunaan Robot Canggih

China menggunakan lebih dari 200 robot pengendali pasir, termasuk 80 mesin perbaikan pasir, 30 mesin penanaman bibit otomatis, dan puluhan kendaraan pengangkut beroda rantai serta mesin pemasangan penghalang pasir. 

Robot-robot ini dirancang khusus untuk memperbaiki struktur tanah, menyimpan air hujan, dan meningkatkan kelembaban tanah sehingga mendorong pertumbuhan tanaman.


Masalah Desertifikasi

Selama beberapa ratus tahun terakhir, perluasan gurun telah menyebabkan desertifikasi yang mengancam kehidupan manusia. 

Gurun yang dulunya subur kini menjadi tandus, menghambat pertanian, dan merusak sumber daya hutan serta peternakan.


Teknologi Pengendalian Gurun

Selain metode tradisional seperti penanaman pohon, China menggunakan teknologi canggih untuk mengendalikan gurun. 

Mereka menggunakan drone untuk penyebaran benih secara presisi dan memperkenalkan varietas tanaman yang tahan terhadap kekeringan dan pasir, yang meningkatkan efektivitas pengendalian gurun.


Robot Jumong 301

Pada Februari 2024, China meluncurkan robot Jumong 301, sebuah peralatan multifungsi yang mengintegrasikan perbaikan pasir, penanaman bibit, transportasi, dan pemasangan penghalang pasir. 

Robot ini dapat menyemprotkan agen perbaikan pasir dengan cepat, menanam bibit secara akurat, dan memasang penghalang pasir dengan efisiensi tinggi.


Proyek Hijau yang Lebih Besar

China menginvestasikan 500 juta Yuan dalam rencana penting yang menggunakan teknologi SOZ untuk mengubah pasir menjadi tanah subur melalui metode fisik. 

Proyek ini diimplementasikan dalam tiga fase dan bertujuan untuk menghijaukan ribuan hektare gurun dalam beberapa tahun mendatang. 

Dengan tambahan robot Jumong 301, rencana pengendalian gurun China akan lebih lengkap dan efektif, mungkin membawa keajaiban hijau di gurun dalam waktu dekat.


Proyek ini menunjukkan bagaimana China memanfaatkan teknologi canggih untuk mengatasi masalah lingkungan yang serius dan berpotensi mengubah lanskap gurun menjadi wilayah subur.


Post a Comment